(021) 77215324
itsuport@smkprismadepok.sch.id
Jl. Raya Mampang No.18, Mampang
blog-img
20/12/2021

Menlu AS Sambangi UI dan Tekankan Komitmen Negaranya Bantu Indonesia Tanggulangi Pandemi Covid-19

jiyan suhada | Republik

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, >Antony J Blinken menyampaikan pidato tentang pentingnya kawasan Indo-Pasifik, dan pentingnya kemitraan strategis antara AS dan Indonesia di kampus Universitas Indonesia, Kota Depok pada Selasa, 14 Desember 2021.

Antony J Blinken juga memastikan komitmen AS membantu Indonesia menanggulangi pandemi Covid-19 dengan pemberian 25 juta vaksin.

‎"Kami telah mengirimkan lebih dari seratus juta dosis vaksin efektif yang aman ke Indo-Pasifik dan lebih dari 25 juta di antaranya telah datang ke Indonesia. Pada akhir tahun depan, kami akan menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis ke dunia,” kata Antony J Blinken, dalam keterangan tertulis Humas UI.  

Ia menyapa pula para peserta terutama mahasiswa UI yang menantikan kembali melaksanakan pertemuan tatap muka.

Menurut Blinken, kedatangannya ke wilayah ini karena apa yang terjadi di Indo-Pasifik, membentuk trajektori dunia di abad 21

Indo-Pasifik merupakan wilayah dengan pertumbuhan tercepat di planet ini, menyumbang 60 persen dari ekonomi dunia, dan dua pertiga dari seluruh pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir.

Selain komitmen membantu penanggulangan pandemi, ‎ terdapat sejumlah elemen inti lain yang ingin Blinken tetapkan yaitu sebagai visi bersama dan bagaimana bersama-sama mewujudkannya.

Pertama, akan memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. “Kebebasan tersebut adalah tentang kemampuan untuk menulis masa depan Anda dan dapat menyampaikan pendapat di komunitas dan negara Anda. Keterbukaan secara alami akan mengalir dari tempat-tempat bebas terbuka untuk informasi dan sudut pandang baru,” ujarnya. 

Kedua, Blinken mengatakan bahwa AS akan menjalin hubungan yang lebih kuat di dalam dan di luar kawasan. 

“Kami akan memperkuat kemitraan kami dengan ASEAN yang kuat dan mandiri. Ketiga, kami akan mempromosikan kemakmuran berbasis luas. kami akan membantu menutup kesenjangan infrastruktur di kawasan ini di antaranya pelabuhan, jalan raya, jaringan listrik, broadband - semuanya adalah blok bangunan untuk perdagangan global, commerce, konektivitas, peluang, dan kemakmuran - dan semuanya penting untuk pertumbuhan inklusif Indo-Pasifik,” ujarnya.

‎Terakhir, AS akan pula meningkatkan keamanan Indo-Pasifik. "Ancaman terus berkembang, dan pendekatan keamanan kami harus berkembang bersamanya. Untuk melakukan itu, kami akan bersandar pada kekuatan terbesar kami yaitu, aliansi dan kemitraan kami,” kata Blinken.

Kehadiran Blinken di Kampus UI disambut Rektor UI

Ari Kuncoro beserta jajarannya, seperti sekretaris universitas, para wakil rektor, ketua majelis wali dan ketua dewan guru besar serta direktur dan Kepala unit kerja di lingkungan pusat administrasi universitas. Turut hadir juga Duta Besar AS untuk RI Sung Y. Kim, serta para duta besar negara sahabat.

Sekretaris Universitas UI dr. Agustin Kusumayati, Ph.D memberikan pengantar dan pidato sambutan atas kehadiran sang Menlu. “UI memiliki visi menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dan bagaimana UI membawa misinya tersebut untuk memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia maupun dunia,” ujarnya mewakili Rektor UI. Lebih lanjut Agustin menyampaikan berbagai masalah kompleks tengah berlangsung saat ini seperti , bencana alam, pemanasan global, climate change yang belum ada solusi instannya.

Namun UI, tuturnya, percaya bdengan menginvestasikan waktu, meet our minds, mengumpulkan ide, dan memperoleh inspirasi untuk kemudian mengubahnya menjadi kolaborasi dan tindakan. “Hari ini menandai momen unik bagi kami. Sebuah kehormatan dan keunggulan kepada Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken yang telah hadir di antara kami untuk berbagi pandangannya. Kami sangat percaya bahwa keragaman pengetahuan akan sejalan dengan satu tujuan untuk menjaga generasi masa depan kita sementara pada saat yang sama untuk memecahkan tantangan yang kita hadapi saat ini,” ujarnya.

Blinken tiba di Indonesia pada Senin, 13 Desember 2021 untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Sejumlah misi diemban, di antaranya memperkuat kemitraan dan komitmen di kawasan Indo-Pasifik. 

Dalam pertemuan itu, Blinken membahas bagaimana Indonesia dan AS bisa bekerja sama untuk menjaga keamanan dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Blinken dalam turnya di Asia Tenggara. Kunjungan Blinken ini adalah kunjungan pertamanya ke Asia Tenggara sejak Presiden AS Joe Biden dilantik pada Januari lalu

 

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Bagikan Ke:

Populer